6 Cara Sederhana Merawat Motor Matic


(Rawat Motor Matic Anda Dengan 6 Cara Berikut) – Motor matic injeksi kini menjadi motor matic favorit, motor ini tentu tidak sama dengan motor bebek biasa seperti halnya Yamaha Vega ZR. Untuk merawat motor matic ini tidak sama dengan motor bebek lainya, supaya performa tidak menurun serta awet ke 6 tips berikut perlu anda coba.
    Motor Matic Injeksi
  1. Sebelum motor dikendarai sebaiknya panaskan dulu mesin motor matic injeksi anda dengan cara biarkan mesin menyala tanpa dikendarai dan di gas-gas/bleyer-bleyer kurang lebih antara 1-5 menit. Pemanasan pada mesin motor ini memiliki fungsi untuk meratakan oli pelumas mesin supaya dapat melumasi semua onderdil dalam mesin.
  2. Sewaktu men  gendarai motor matic injeksi kesayangan anda, pastikan tidak sering merubah lacu kecepatan motor, dimana yang tadinya memiliki laju kendaraan yang cepat kemudian melakukan pengereman mendadak maupun sebaliknya. Jika hal ini sering terjadi pada umumnya mesin akan memiliki usia yang pendek dalam arti mudah rusak.
  3. Usahakan untuk melakukan servis rutin di bengkel terpercaya, paling tidak 2-3 bulan sekali atau ketika motor sudah menempuh jarak 2.000km dan jangan lupa untuk mengganti oli mesin secara rutin juga, hal ini bertujuan untuk membuang oli mesin yang sudah kotor serta tetap menjaga tingkat kekentalan oli mesin.
  4. Berhubung motor matic pada umumnya menggunakan singgle shockbreaker, maka penggantian oli gardan yang memiliki peran penting terhadap fungsi laju kendaraan ini juga harus diperhatikan dan sebaiknya dilakukan ketika motor matic sudah menempuh 10 ribu km.
  5. Pastikan untuk selalu memperhatikan kondisi tanki bensin, jangan biarkan tangki bensin dalam keadaan kosong, melakukan pengisian bahan bakar terhadap motor tidak harus menunggu jarum indikator bensin menunjukkan empty (E).
  6. Usahakan untuk selalu melakukan penggantian sparepart yang asli dan memiliki kualitas yang terjamin meski harga sedikit lebih mahal.
  7. Pastikan kondisi aki dan busi dalam keadaan baik, hal ini dikarenakan aki dan busi merupakan perangkat yang memungkinkan motor matik memiliki performa yang lebih maksimal. Jika busi maupun aki sudah tidak berfungsi dengan baik, usahakan untuk menggantinya dengan yang baru dan asli pada bengkel resmi.
Yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah melakukan pemeriksaan terhadap kondisi vent belt dan roller secara rutin. Jika memang sudah tidak layak untuk digunakan, sebaiknya gantilah dengan yang baru dan genuin. Selalu perhatikan juga ruang transmisi hal ini dikarenakan dalam ruangan transmisi terdapat banyak komponen yang rentan kotoran, setidaknya membersihkan ruang transmisi secara berkala setiap 4 ribu km.
(sumber: lintaspost.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar