Rantai sepeda motor merupakan bagian sepeda motor yang cukup riskan kalo tidak di rawat Sobat Modif.
kenyamanan ketika menumpakpun bisa terganggu jika komponen ini tidak dalam kondisi normal bahkan bisa membahayakan si penunggang motor.jadi kondisi rantai sepeda motor harus benar - benar di jaga agar selalu dalam kondisi normal.karena kerja rantai cukup extreme yaitu memindahkan tenaga dari mesin ke roda belakang rantai ini sering tidak normal seperti rantai kering , berkarat , dan kendor,,dan yang paling membahayakan adalah aus.
kenyamanan ketika menumpakpun bisa terganggu jika komponen ini tidak dalam kondisi normal bahkan bisa membahayakan si penunggang motor.jadi kondisi rantai sepeda motor harus benar - benar di jaga agar selalu dalam kondisi normal.karena kerja rantai cukup extreme yaitu memindahkan tenaga dari mesin ke roda belakang rantai ini sering tidak normal seperti rantai kering , berkarat , dan kendor,,dan yang paling membahayakan adalah aus.
Sering kali masyarakat masih menggunakan rantai yang sudah aus dengan
berbagai alasan seperti rantai masih bisa dipakai tidak sadarkah mereka
sebenarnya hal seperti itu sangat membahyakan diri mereka sendiri.Jadi
perawatan rantai sepeda motor jangan sampai terlupakan untuk menjaga
kondisi rantai.
Berikut ini beberapa tips merawat rantai sepeda motor:
- Memeriksa kekeringan rantai.
Rantai yang kering biasanya berciri rantai bising ketika disepeda motor
digunakan untuk berjalan,lalu tarikan motor terasa berat,permukaan
rantai dan gear kering,biasanya terdapat sedikit karat.
Hal yang perlu dilakukan cukup mudah dan mungkin bisa anda lakukan
sendiri,yaitu dengan cara menyemprotkan pelumas rantai (minyak rantai)
kepermukaan rantai danjuga permukaan gear belakang.sewaktu menyemprotkan
cairan pelumas usahakan sambil memutar roda supaya hasil penyemprotan
merata diseluruh permukaan.
catatan : hindari
menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai karena oli bekas, dalam oli
bekas terdapat karbon dan kotoran yang malah bisa memeperpendek umur
rantai dan merusak rantai,walaupun harganya murah tapi inget keselamatan
dan kenyamanan menjadi faktor utama.
- Memeriksa tegangan rantai
Rantai motor sebenarnya mempunyai ketegangan sendiri dan mempunyai
toleransi tegangan yang diperbolehkan.jadi ketika rantai sepeda motor
kendor jangan memaksakan untuk digunakan selain membahayakan
kenyamananpun menjadi terganggu.
solusi untuk permsalahan ini Sobat Modif cukup memeriksa ketegangan
rantai sepeda motor sobat modif.cara mengeceknya pun cukup mudah pertama
lihat dulu rantai sepeda motor jika posisi rantai sudah kendor maka
maka rantai cenderung kelihatan cekung kebawah.untuk memastikanya
gerakan keatas dan kebawahkan rantai dari situ Sobat Modif bisa
merasakan rantai kendor atau masih dalam batas toleransi,
jika rantai kendor maka solusinya Sobat Modif harus mengembalikan ke posisi normal atau sama saja dengan menyetelnya kembali,
jika rantai kendor maka solusinya Sobat Modif harus mengembalikan ke posisi normal atau sama saja dengan menyetelnya kembali,
caranya : kendorkan baut as roda jangan di lepas cukup dikndorkan untuk
memberi ruang gerak as,kendorka juga baut rem, mistar rem.
kemudian pertama adalah kencangkan baut spaner sbelah kiri (putar
kekanan) ,disaat bersamaan tangan kiri memegang rantai untuk mengetahui
sudah seberapa kekencangan rantai tersebut atur kencangan dengan memutar
spaner,jika ketegangan sudah sesuai maka pindah ke spaner kiri,posisi
kunci berada di spaner kanan lalu lihatlah posisi gear rantai sudah
berada di tengah tenggang rantai atau belum kontrol dengan memutar
spaner kiri, Jika sudah sesuai langkah kedua adalah mengencangkan as roda,kemudian
baut rem dan mistar rem,setelah kencang maka kencangkan kencangkan baut
spaner lg.
- Memeriksa kotoran
Periksa kotoran yang menempel pada rantai dan gear dan sekitar
rantai,kotoran biasanya berupa sisa - sisa oli pelumas yang bercampur
dengan kotoran lain sepeti debu yang menempel jadi satu dan menumpuk
jika tidak dibuang kotoran tersebut akan menggangu kerja
rantai,segeralah bersihkan dengan kain atu sedikit bensin untuk kotoran
yang membandel setelah itu jangan lupa untuk memberi oli pelumas lagi
agar supaya kerja ratai menjadi normal
- Memeriksa jarak rantai dan penutupnya
Khusus untuk rantai yang memakai penutup baik setengah atau full penutup
ketepatan posisi penutup harus disesuaikan supaya ketika digunakan
rantai tidak menimbulkan suara bising yang ditimbulkan dari gesekan
antara rantai dengan tutupnya karena posisi rantai tidak pada posisi
yang semestinya atau tidak center.
Sobat Modif demikian beberapa tips untuk menjaga kondisi rantai sepeda motor Sobat Modif semoga bermanfaat...
(sumber: lativvital.blogspot.com)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar