tips:perawatan motor matic jangan samakan dengan motor manual


Dalam segi perawatan motor metic sangat berbeda sekali dengan motor transmisi manual.misalnya penggunaan oli mesin,gaya berkendara,daya beban yang dibawa,penggantian ban dan lain sebagainya.di bawah ini.ada beberapa yang membedakan motor matic dengan motor bertransmisi manual dan tidak boleh diterapkan di motor matic.
imagesilahkan disimak:
1)-penggunaan oli mesin
jangan menggunakan oli mesin yang di peruntukan motor transmisi manual.karna motor matic menggunakan sistem kopling kering.sehingga oli mesin motor matic hanya untuk melumasi bagian mesin nya saja.berbeda dengan motor transmisi manual yang fungsi olinya melumasi bagian mesin,transmisi dan sistem kopling.
2)-memanaskan mesin dengan standar samping
jangan memanaskan mesin motor matic dengan hanya menggunakan standar samping.yaaaaa tau sendiri sob motor matic sekali pelintir langsung ngacir.sedangkan untuk motor transmisi manual kita bisa menempatkan pada posisi gigi netral,sehingga motor bisa dipelintir tanpa takut motor ngacir :-)
3)-membunyikan stater kaki dengan standar samping
jangan sekali kali membunyikan motor matic dengan stater kaki sementara motor dalam keadaan di standar samping.karna motor bisa saja jalan tanpa anda sadari ketika gas di pelintir.
4)-memainkan gas saat mesin melaju
memainkan gas saat motor melaju dengan menekan kopling bisa saja di lakukan untuk motor bertranmisi manual.tapi sangat tidak wajar di terapkan buat motor matic.
5)-mendorong motor untuk membunyikan saat macet
eiiiit bila matic anda macet,stater elektrik nya tekor,kemudian capak mengengkol.jangan berfikir untuk membunyikan dengan mendorong nya.karna sampai anda beruban matic anda nggak bakal bunyi :-)
6)-awas matic tidak memiliki engine break
bagi yang suka turing.apalagi doyan jalan-jalan di kawasan pegunungan.biasanya melewati turunan tajam.nah disini lah engine brake bisa di terapkan.biasanya mengurangi posisi gigi persneling nya.tapi jangan berharap menemukan tuas persneling pada motor matic :-) .jadi harus pasrah aja bila melewati turunan curam terpaksa hanya menggunakan remnya saja.
bagi yang belum menggunakan matic jangan sekali-kali melakukan hal bodoh di atas.
(sumber: abangirengku.com)

6 Cara Sederhana Merawat Motor Matic


(Rawat Motor Matic Anda Dengan 6 Cara Berikut) – Motor matic injeksi kini menjadi motor matic favorit, motor ini tentu tidak sama dengan motor bebek biasa seperti halnya Yamaha Vega ZR. Untuk merawat motor matic ini tidak sama dengan motor bebek lainya, supaya performa tidak menurun serta awet ke 6 tips berikut perlu anda coba.
    Motor Matic Injeksi
  1. Sebelum motor dikendarai sebaiknya panaskan dulu mesin motor matic injeksi anda dengan cara biarkan mesin menyala tanpa dikendarai dan di gas-gas/bleyer-bleyer kurang lebih antara 1-5 menit. Pemanasan pada mesin motor ini memiliki fungsi untuk meratakan oli pelumas mesin supaya dapat melumasi semua onderdil dalam mesin.
  2. Sewaktu men  gendarai motor matic injeksi kesayangan anda, pastikan tidak sering merubah lacu kecepatan motor, dimana yang tadinya memiliki laju kendaraan yang cepat kemudian melakukan pengereman mendadak maupun sebaliknya. Jika hal ini sering terjadi pada umumnya mesin akan memiliki usia yang pendek dalam arti mudah rusak.
  3. Usahakan untuk melakukan servis rutin di bengkel terpercaya, paling tidak 2-3 bulan sekali atau ketika motor sudah menempuh jarak 2.000km dan jangan lupa untuk mengganti oli mesin secara rutin juga, hal ini bertujuan untuk membuang oli mesin yang sudah kotor serta tetap menjaga tingkat kekentalan oli mesin.
  4. Berhubung motor matic pada umumnya menggunakan singgle shockbreaker, maka penggantian oli gardan yang memiliki peran penting terhadap fungsi laju kendaraan ini juga harus diperhatikan dan sebaiknya dilakukan ketika motor matic sudah menempuh 10 ribu km.
  5. Pastikan untuk selalu memperhatikan kondisi tanki bensin, jangan biarkan tangki bensin dalam keadaan kosong, melakukan pengisian bahan bakar terhadap motor tidak harus menunggu jarum indikator bensin menunjukkan empty (E).
  6. Usahakan untuk selalu melakukan penggantian sparepart yang asli dan memiliki kualitas yang terjamin meski harga sedikit lebih mahal.
  7. Pastikan kondisi aki dan busi dalam keadaan baik, hal ini dikarenakan aki dan busi merupakan perangkat yang memungkinkan motor matik memiliki performa yang lebih maksimal. Jika busi maupun aki sudah tidak berfungsi dengan baik, usahakan untuk menggantinya dengan yang baru dan asli pada bengkel resmi.
Yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah melakukan pemeriksaan terhadap kondisi vent belt dan roller secara rutin. Jika memang sudah tidak layak untuk digunakan, sebaiknya gantilah dengan yang baru dan genuin. Selalu perhatikan juga ruang transmisi hal ini dikarenakan dalam ruangan transmisi terdapat banyak komponen yang rentan kotoran, setidaknya membersihkan ruang transmisi secara berkala setiap 4 ribu km.
(sumber: lintaspost.com)

Merawat Rambut Si Pengendara Motor

BANDUNG – Perjalanan menggunakan motor bisa jadi lebih praktis dan mempersingkat waktu. Kini, kaum hawa pun banyak yang memilih mengendarai motor untuk mengantarnya ke tujuan.
Toh, yang tak disadari, mengendarai motor bisa mempengaruhi kondisi rambut. Terpapar sinar matahari maupun angin, akan menghilangkan kelembaban di batang rambut dan membuatnya kering.
Berikut beberapa tips merawat rambut bagi si pengendara motor.
Helm
Faktor keamanan terpenting ketika mengendarai motor adalah mengenakan helm. Selain melindungi kepala, helm juga melindungi tengkuk dan kulit dari polusi dan elemen-elemen kotor yang ada di udara terbuka.
Scarf
Jika Anda tak ingin rambut berantakan terkena helm, bungkus rambut dengan scarf berwarna. Pakai scarf dengan model semenarik mungkin, sehingga penampilan pun tetap stylish.
Pelembab rambut
Sama seperti kulit, batang rambut pun butuh tabir surya. Pilih serum atau kondisioner dengan SPF dan oleskan sebelum Anda berkendara. Memberikan pelembab di rambut akan menjauhkannya dari kerusakan akibat sinar matahari dan angin.
Menata rambut
Saat berkendara, rambut biasanya ikut terbang akibat tiupan angin. Mengikat rambut merupakan pilihan bijaksana. Namun Anda juga bisa mengepang rambut ke arah belakang.
Bersihkan rambut
Pergunakan sampo dan kondisioner saat membersihkan rambut. Debu dan keringat bisa menyebabkan kulit kepala kotor. (Idiva)

Cara Kerja Mesin Motor

Sepeda motor atau yang biasa disebut dengan motor adalah sebuah alat transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat terutama masyarakat di negara berkembang termasuk Indonesia. Cara kerja mesin motor sebenanya tidak jauh berbeda dengan cara kerja mesin mobil. Mesin motor ini terdiri dari piston, blok silinder, dan bagian kepala yang berisi katup. Piston akan bergerak naik turun pada blok silinder. Ini terjadi karena dorongan dari hasil ledakan campuran bahan bakar dan udara yang telah dinyalakan oleh percikan api. Pada saat motor bekerja, maka katup akan membuka dan menutup untuk memungkinkan campuran bahan bakar dan udara masuk ke dalam ruang bakar katup. Pada saat piston bergerak naik turun, maka ini akan merubah gerakan poros engkol / crankshaft menjadi berputar. Kekuatan rotasi pada crankshaft ini kemudian ditransmisikan untuk menggerakkan roda motor.

 Mesin pada motor dibedakan menjadi 2, yaitu: 2 tak dan 4 tak. Mesin motor 2 tak terdiri dari piston, ring piston, engkol, busi, knalpot, port intake, dan silinder. Cara kerja motor mesin 2 tak prosesnya cukup mudah. Port intake pertama akan menerima kombinasi bahan bakar dan udara. Udara dan campuran bahan bakar dikompres melalui aktivitas naik turunnya piston. Busi akan membakar campuran ini sehingga akan menyebabkan ledakan di dalam silinder sehingga akan mengaktifkan piston dan memutar engkol. Kemudian piston akan kembali ke posisi semula dan asap pembakaran akan keluar melalui knalpot.
Cara kerja motor dengan mesin 4 tak sedikit berbeda. Mesin motor 4 tak ini terdiri dari busi, piston, piston cincin, engkol dan poros engkol, dan silinder.  Proses cara kerja motor 4 tak ini dimulai dari katup intake menerima bahan bakar dan campuran udara seperti pada motor 2 tak, namun disini piston bertugas untuk mencampur kedua campuran ini. Pengapian dilakukan oleh busi sehingga bisa mendorong engkol untuk menggerakkan rantai. Rantai akan mengaktifkan 2 camshaft dan berputar membuka katup pembuangan untuk membuang asap hasil pembakaran melalui batang knalpot. Aktivitas ini berulang terus menerus hingga pada akhirnya mendorong katup intake valve untuk terbuka dan membiarkan bahan bakar melewatinya.
(sumber: populerkan.com)

Cara Merawat Rantai Motor

Rantai sepeda motor merupakan bagian sepeda motor yang cukup riskan kalo tidak di rawat Sobat Modif.
kenyamanan ketika menumpakpun bisa terganggu jika komponen ini tidak dalam kondisi normal bahkan bisa membahayakan si penunggang motor.jadi kondisi rantai sepeda motor harus benar - benar di jaga agar selalu dalam kondisi normal.karena kerja rantai cukup extreme yaitu memindahkan tenaga dari mesin ke roda belakang rantai ini sering tidak normal seperti rantai kering , berkarat , dan kendor,,dan yang paling membahayakan adalah aus.
Sering kali masyarakat masih menggunakan rantai yang sudah aus dengan berbagai alasan seperti rantai masih bisa dipakai tidak sadarkah mereka sebenarnya hal seperti itu sangat membahyakan diri mereka sendiri.Jadi perawatan rantai sepeda motor jangan sampai terlupakan untuk menjaga kondisi rantai.
Berikut ini beberapa tips merawat rantai sepeda motor:
- Memeriksa kekeringan rantai.
Rantai yang kering biasanya berciri rantai bising ketika disepeda motor digunakan untuk berjalan,lalu tarikan motor terasa berat,permukaan rantai dan gear kering,biasanya terdapat sedikit karat.
Hal yang perlu dilakukan cukup mudah dan mungkin bisa anda lakukan sendiri,yaitu dengan cara menyemprotkan pelumas rantai (minyak rantai) kepermukaan rantai danjuga permukaan gear belakang.sewaktu menyemprotkan cairan pelumas usahakan sambil memutar roda supaya hasil penyemprotan merata diseluruh permukaan.
catatan : hindari menggunakan oli bekas untuk melumasi rantai karena oli bekas, dalam oli bekas terdapat karbon dan kotoran yang malah bisa memeperpendek umur rantai dan merusak rantai,walaupun harganya murah tapi inget keselamatan dan kenyamanan menjadi faktor utama.

- Memeriksa tegangan rantai
Rantai motor sebenarnya mempunyai ketegangan sendiri dan mempunyai toleransi tegangan yang diperbolehkan.jadi ketika rantai sepeda motor kendor jangan memaksakan untuk digunakan selain membahayakan kenyamananpun menjadi terganggu.
solusi untuk permsalahan ini Sobat Modif cukup memeriksa ketegangan rantai sepeda motor sobat modif.cara mengeceknya pun cukup mudah pertama lihat dulu rantai sepeda motor jika posisi rantai sudah kendor maka maka rantai cenderung kelihatan cekung kebawah.untuk memastikanya gerakan keatas dan kebawahkan rantai dari situ Sobat Modif bisa merasakan rantai kendor atau masih dalam batas toleransi,
jika rantai kendor maka solusinya Sobat Modif harus mengembalikan ke posisi normal atau sama saja dengan menyetelnya kembali,
caranya : kendorkan baut as roda jangan di lepas cukup dikndorkan  untuk memberi ruang gerak as,kendorka juga baut rem, mistar rem.
kemudian pertama adalah kencangkan baut spaner sbelah kiri (putar kekanan) ,disaat bersamaan tangan kiri memegang rantai untuk mengetahui sudah seberapa kekencangan rantai tersebut atur kencangan dengan memutar spaner,jika ketegangan sudah sesuai maka pindah ke spaner kiri,posisi kunci berada di spaner kanan lalu lihatlah posisi gear rantai sudah berada di tengah tenggang rantai atau belum kontrol dengan memutar spaner kiri, Jika sudah sesuai langkah kedua adalah mengencangkan as roda,kemudian baut rem dan mistar rem,setelah kencang maka kencangkan kencangkan baut spaner lg.
- Memeriksa kotoran
Periksa kotoran yang menempel pada rantai dan gear dan sekitar rantai,kotoran biasanya berupa sisa - sisa oli pelumas yang bercampur dengan kotoran lain sepeti debu yang menempel jadi satu dan menumpuk jika tidak dibuang kotoran tersebut akan menggangu kerja rantai,segeralah bersihkan dengan kain atu sedikit bensin untuk kotoran yang membandel setelah itu jangan lupa untuk memberi oli pelumas lagi agar supaya kerja ratai menjadi normal
- Memeriksa jarak rantai dan penutupnya
Khusus untuk rantai yang memakai penutup baik setengah atau full penutup ketepatan posisi penutup harus disesuaikan supaya ketika digunakan rantai tidak menimbulkan suara bising yang ditimbulkan dari gesekan antara rantai dengan tutupnya karena posisi rantai tidak pada posisi yang semestinya atau tidak center.
Sobat Modif demikian beberapa tips untuk menjaga kondisi rantai sepeda motor Sobat Modif semoga bermanfaat...
(sumber: lativvital.blogspot.com)