Mencegah Kerusakan Motor Injeksi

Bookmark and Share
Industri motor Indonesia diramaikan oleh produksi motor dengan mesin injeksi. Sebut saja produsen motor Yamaha yang baru-baru ini menerapkan injeksi pada motor matic andalannya Yamaha Mio J yang kemudian diklaim sebagai motor matic injeksi irit harga murah.

Injeksi bahan bakar maksudnya adalah teknologi untuk mesin pembakaran dalam. Sebelum bahan bakar dibakar, teknologi ini akan mencampurnya dengan udara secara tepat dan proporsional. Teknologi injeksi yang digunakan untuk motor di Indonesia dominan berupa elektronik, seperti yang digunakan dalam motor matic injeksi baru keluaran Yamaha. Dengan teknologi ini, bahkan motor tidak perlu dipanaskan sebelum digunakan, tidak seperti dengan karburator. Sistem injeksi elektronik bertumpu pada Engine Control Unit (ECU). ECU ini lah yang memonitor kegiatan mesin melalui sensor yang menyebar dalam mesin.

Namun, semuanya membutuhkan perawatan, karena motor injeksi terbilang baru, maka perawatannya dinilai sulit. Lalu bagaimana cara untuk mencegah kemungkinan buruk pada mesin motor injeksi.

- ISi bensin berkualitas.
- Hindari guyuran air yang terus menerus
- Kontrol kondisi Aki Motor secara rutin
- Hindari guncangan yang sering, keras, dan terus menerus
- Segera ke tempat service apabila ada sinyal yang menunjukkan sesuatu yang kurang beres pada mesin.

Tidak terlalu sulit, bukan? Tentunya poin-poin tersebut tidak jauh berbeda dengan apa yang harus dilakukan pada motor non injeksi (karburator). Jadi kenapa dipersulit????

4 komentar:

  1. SLMAT SORE GAN...MAU NNYA NI GAN...APA PENYEBAB BUSI MATI(DAYA LETIK LEMAH) PADA MOTOR FI(KHUSUS BUSI TIPE R)

    BalasHapus
  2. Ini bisa diakibatkan karena koilnya. koil berfungsi mengalirkan arus yang dikeluarkan oleh CDI ataupun platina hingga 28.000 Volt terputus-putus ke Busi.Isi dari Koil hanya sebuah lilitan primer sekunder saja dan banyak juga yang mengatakan bahwa koil itu susah mati jika mati pun tak sertus persen langsung mati seperti CDI.

    Kawal Email
    Gejala awal koil setengah mati yaitu ketika motor dalam keadaan sudah berjalan dan dan kondisi mesin sudah panas karena sudah memepuh jarak yang jauh mesin motor akan tiba-tiba tesendat dan mati .Jika dicek pengapianya tidak ada dan beberapa menit kemudian dicek lagi ada api nya maka bisa dipastikan Koil minta di ganti.

    Kenapa koil bisa setengah mati? Dalam membuat arus kecil menjadi arus yang lebih besar maka dibutuhkan lilitan kawat elmail .Kawat ini akan dililit kan dalam wadah Koil dengan lilitan model step up(menaikkan tegangan.Koil bisa setengah mati dikarenakan Elmail yang ada didalamnya sudah terbakar.

    Jadi ingat-ingat lah koil mungkin lebih sulit untuk rusak tapi jika sekali koil itu rusak maka akan lebih menjengkelkan dari matinya CDI. Sehingga mengakibatkan busi mati...

    BalasHapus
  3. Bos maaf numpang tanya. Soul GT saya habis ganti kiprok motor tidak mau hidup dan saya kembalikan kiprok lama sama saja . Padahal sebelumnya motor hidup tapi lampu belakang putus terus, jadi saya ganti kiprok baru. Accu kondisi bagus sampai pinjam punya teman sama saja. Saat saya cek kontak on bunyi derik injeksi hilang. Lampu kode injeksi mati. Stater tangan hidup tapi motor tetap mati. Setelah saya cek busi dan kabel coil tidak ada percikan api sama sekali. Tolong sarannya Bos

    BalasHapus