Cara Merawat Rantai Motor

Cara Merawat Rantai MotorEntengnya tarikan motor tidak hanya dilihat dari kapasitas mesin (cc) dan jenis BBM yang digunakan. Ada satu part penting lagi yang membuat akselerasi menjadi lebih lancar. Yakni, RANTAI. (kalo di motor matik VanBelt-nya)
sekarang ane bahas rantai dulu ya, soalnya ane gak punya Metik :oops: Rantai motor yang kendur dapat menyebabkan akselerasi motor tidak lancar. Bahkan lebih fatal bisa terlepas dari gir yang justru membahayakan kita.

Sama halnya dengan setelan kekencangan rantai. Apabila terlalu kencang bisa putus di tengah jalan. Buahayaaaa.. Maka sebelum terjadi hal seperti itu, sebaiknya lakukan perawatan pada rantai motor kesayangan Juragan.
Berikut ini tips yang dapat praktekin sendiri dirumah :
- Setel rantai secara berkala.
Penyetelan rantai bukan berarti harus dikencangkan atau hanya dikendurkan. Yang perlu di perhatikan adalah pengunci rangkaian ban dan pelek yang perlu diluruskan. Biasanya penyetelan ini dilakukan setelah motor menempuh jarak kurang lebih 1000 km atau minimal sebulan sekali.
- Bersihkan kotoran.
Kotoran itu biasanya terdiri dari debu, tanah, atau pasir yang menempel bisa mengikis rantai Juragan secara perlahan-lahan. Bersihkan rantai tersebut dengan sikat gigi bekas dan lumasi pake cairan khusus rantai motor (jangan oli bekas). pembersihkan rantai minimal dilakukan sebulan sekali. kalo di musim hujan seminggu sekali sudah cukup.
- Posisi rantai harus tetap lurus.
Posisi rantai juga sangat berpengaruh akan ketahanan rantai motor Juragan. Jika posisinya miring maka dengan sendirinya rantai itu juga akan menggesek bagian yang lain dan terkikis. Dan jangan biarkan jika rantai motor juragan mengeluarkan suara-suara yang berisik.
- Potong rantai cukup sekali saja.
Untuk mengatasi rantai kendur, cara praktis yang bisa dikalkukan adalah memotong satu mata rantai. Namun usahakan jangan lebih dari satu kali, sebab gerakan rantai akan menjadi kurang maksimal. Pabrikan motor biasanya sudah memperhitungkan jarak gir dan rantai motor.
(sumber: vegalovers.wordpress.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar