Uniknya Vespa Sespan

Vespa adalah salah satu motor yang dikeluarkan oleh negara Italia. Kini negara Indonesia sangat mengagumi atau menyukai motor tersebut, meskipun memang terlihat motor “jadul”, tapi jangan salah harga jual vespa sangat tinggi dibanding motor buatan Jepang lainnya.
Nah kali ini bagi Anda yang memiliki motor vespa jangan takut dalam hal perawatan, karena orang Indonesia sudah andal dalam hal mesin vespa tersebut. Nah bagi Anda yang mungkin baru punya motor vespa atau mungkin yang sudah lama punya tetapi tidak mengerti cara merawatnya dengan baik.Kali ini akan dijelaskan bagaimana cara jitu merawat motor vespa dengan baik.
Berikut ini cara jitu merawat motor vespa dengan baik dan benar :
1.Ingat, pertama vespa sangat identik dengan busi. Hal ini disebabkan Vespa adalah kendaraan roda dua yang paling sering ganti busi. Tapi apakah motor Vespa bisa dibuat agar tidak sering ganti Busi? Jawabannya bisa. Busi motor vespa agar berumur panjang ternyata tidak terlalu sulit. Syaratnya adalah perawatan yang telaten dari pemakai kendaraan. Dalam bahasa montir bengkel “TIDAK ADA BUSI MATI”. Apakah benar kata-kata itu ? Di bawah ini pengalaman penelitian kecil telah membuktikan, bahwa busi motor vespa tidak perlu gonta ganti, alias berumur panjang.
2. Pastikan menggunakan bahan bakar yang memakai bensin oktan tinggi
3. Bahan Bakar (bensin) dengan kualitas (oktan) rendah akan menyisakan banyak jelaga pada komponen-komponen pembakaran. Jika memungkinkan sebaiknya kendaraan bermotor memakai bensin oktan tinggi semisal Pertamax keluaran Pertamina atau Shell super.
4. Rawatlah aki (accu). Kebanyakan orang lupa mengecek aki sehinga aki cepat rusak karena air aki sudah abis. Jadi ceklah aki Anda setiap bulannya agar terhidar dari konsletnya kabel. Semoga tips ini dapat beramanfaat untuk Anda terutama bagi pengguna motor vespa. (din/net)

Vespa dahulu sering disebut dengan scooter atau sekuter. Entah mengapa dasarnya disebut sekuter, mungkin karena ada kaitannya kendaraan ini dengan dua rodanya yang kecil maka disebut sekuter. Kendaraan jenis ini sangat digemari di tanah air mulai era 1965 – 1980-an bahkan hingga saat ini walau dalam bentuk yang lain.
Banyak ditemukan jenis sekuter Vespa di Indonesia, misalnya pabrikan Piagio, Lambretta, NSU, Zundap dan Bajaj. Negara-negara penghasil skoter jenis Vespa ini antara lain adalah Italia, India, Brazil, dan Jerman. Akan tetapi di antara negara tersebut yang paling terkenal adalah pabrikan Piagio buatan Italia.
Vespa Piagio dalam berbagai jenis dan varian telah mulai hadir di Italia pertama sekali pada tahun 1884 tepatnya di Genoa, Italia. Pendiri Vespa sendiri adalah Rinaldo Piagio yang memiliki usaha konstruksi dan karoseri besi dan pengolahan baja. Pabrik Piagio ini lalu diteruskan oleh anaknya Enrico Piagio yang mulai fokus pada kendaran simpel,
Di atas sekilas pertama kali vespa mulai ada. Kini tidak kalah menarik nya di Tanjungpinang sudah barang tentu tidak jarang kita temui vespa-vespa yang sudah dimodifikasi oleh pemodif yang sangat profe sional dengan imajinasi mere ka yang sangat luar biasa.
Sebut saja vespa milik Herman (49) yang juga saat ini sebagai Sekretaris Umum di Komunitas Bintan Vespa Club. Dia punya hobi tersendiri dengan motor antiknya sejak tahun 2009. Herman mulai merakit motor vespanya ini hingga punya motif yang sangat khas.
Motor vespa yang ditambah dengan kabin samping yang dinamakan sespan ini, memang sengaja dirancang khusus buat keluarganya pada saat tour ke suatu daerah. “Body-nya sprint, ditambah musik MP3 dan sound klakson mobil. Sespan samping terbuat dari piber kuningan, di depan adalah wajan, dan seluruh body-nya dibungkus bahan kulit,” terang Herman, kemarin.
Dan lampunya antik buatan tahun 1954, serta pengapiannya CDI. Banyak komunitas dari berbagai macam komunitas mengatakan vespa itu banyak jenisnya sebut saja Pesva Klasik, Modifikasi, Extream, Akesoris, Gembel, dan Standar.
Hal yang unik nya lagi paling sering terlihat oleh mata kita di kota Tanjungpinang beberapa pengedara ada yang mengendarai motor vespa sambil membawa barang-barang rongsokan atau barang-barang bekas. Kalau dilihat vespa tersebut memang tidak diurus oleh pemiliknya. Jangan aneh ini karena sudah menjadi tujuan pemiliknya. Biasanya vespa ini sering disebut vespa gembel. Komunitas vespa gembel biasanya memodifikasi motormya dengan berma cam gaya, ada yang classic, sasis dan chopper dan berba gai macam aliran modifikasi vespa mereka lakoni.
Tak heran dengan vespa klasik, biasanya desain nya tradisional bisa dilihat dari lampu depan yang berbentuk kotak, Selain itu terdapat sisi sayap depan yang berwarna ‘chrome’, bentuk suspensi depan, dan pijakan kaki di tengah, yang mewakili gaya klasik vespa. Jangan aneh banyak kalangan komunitas maupun para pecinta motor Vespa yang suka utak-atik motornya, karena kecintaan dan hobinya yang sungguh luar biasa.
(sumber: tanjungpinangpos.co.id)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar