Minuman Pelancar 'Pencernaan' Motor Injeksi

Tips n trik, Motor Injeksi, WMC racing, perawatan motor injeksi, tips rawat injeksi, injektor, wawan setiawanPerkembangan teknologi sepeda motor belakangan ini makin menarik. Salah satu yang jadi buah bibir adalah sepeda motor dengan mesin injeksi.
Dengan makin maraknya teknologi injeksi, pengendara sepeda motor juga harus meningkatkan pemahaman mereka. Tidak hanya paham bagaimana menggunakannya, biker juga harus mengerti cara merawatnya. Bahkan, ketika sepeda motor sedang 'dirawat' di bengkel, sebisa mungkin mempelajari bagaimana perawatan dijalankan.
Ketika berkunjung ke bengkel sepeda motor, di antara banyak peralatan, salah satu yang mungkin Anda lihat adalah alat yang disebut "Alat Service Injeksi". Bentuk alatnya terbilang sederhana, mirip alat semprot cat di bengkel pengecatan. Tapi, bagaimana sebenarnya cara kerja dan  apa kegunaan alat tersebut?

"Alat itu bukan untuk mendiagnosa Electronic Control Unit (ECU), melainkan alat untuk membersihkan kotoran yang ada di throttle body, dan kotoran-kotoran yang ada di head (khususnya kotoran-kotoran yang berada di dalam ruang bakar)," ungkap Wawan, pemilik bengkel WMC Racing yang berada di kawasan warung Buncit, Jakarta.
Di dalam throttle body terdapat injektor yg berfungsi untuk menyemburkan bahan bakar. Lubang lubang yang terdapat di dalam injektor sangat kecil yang mudah tersumbat oleh debu atau kerak kotoran bensin. Kotoran yang menyumbat lubang pada injektor dapat mengakibatkan efek motor akan terasa berat tarikannya.
"Nah, dengan alat service injeksi yang WMC Racing miliki ini, kotoran-kotoran yang menyumbat tersebut akan bersih dan hilang. Sehingga kinerja injektor menjadi maksimal dan motor akan kembali normal," tambah Wawan menjelaskan.

Pria yang kerap dipanggil mas Wawan tersebut, menjelaskan bahwa alat yang dimilikinya dapat digunakan untuk setiap varian motor yang menggunakan mesin Injeksi.

Cara kerjanya, selang yang menghubungkan tangki bahan bakar menuju kepada injektor disemprotkan cairan pembersih yang sudah dicampur  bensin dengan menggunakan alat semprot khusus. Ketika disemprotkan mesin dalam keadaan menyala. Selama proses penyemprotan, cairan yang masuk membersihkan kotoran yang tersumbat dalam injektor dan juga membersihkan ruang bakar.

"Tidak ada efek samping. Karena setelah melalui proses pembakaran, cairan tersebut juga ikut terbakar bersama dengan bensin. Yang ada, performa mesin kembali seperti semula," papar pemilik WMC Racing tersebut.
Nah, untuk ongkos servis motor injeksi. Wawan mematok harga sekitar Rp. 80 ribu untuk motor jenis sport, untuk jenis bebek dan juga matik, cukup dengan biaya sekitar Rp. 60 ribu saja.
"Tetapi jangan lupa, alat ini hanya untuk membersihkan. Bukan untuk membuat motor menjadi lebih kencang. Jadi motor yang injektornya tidak pernah dibersihkan, pasti akan terasa bertenaga kembali setelah dibersihkan menggunakan alat servis injeksi yang dimiliki WMC Racing.
(sumber:  motor.sportku.com)

4 komentar:

  1. hallo gan bagi infonya dong dimana yang jual alatnya....dan berapa harganya.....di tunggu balasannya....

    terimakasi.....

    BalasHapus
  2. hallo gan bagi infonya dong dimana yang jual alatnya....dan berapa harganya.....di tunggu balasannya....

    terimakasi.....

    BalasHapus