Carburator Over Flow

Mungkin motor anda pernah mengalami kondisi dimana bensin menetes dari selang buang di karburator, itulah yang disebut karburator overflow/banjir. Ada beberapa penyebab timbulnya masalah ini. Umumnya berasal dari komponen didalam karburator atau namun bisa juga dari fuel cock (keran yang berada dibawah tangki bahan bakar)
Langkah pertama, periksa apakah screw untuk menutup pipa overflow karburator sudah terpasang dengan kencang. Jika sudah, periksalah ketinggian pelampung dan jarum pelampung. Bila pelampung terlalu tinggi, maka bahan bakar yang mengalir ke karburator akan melebihi tinggi saluran pipa overflow, sehingga bahan bakar luber keluar. Namun bisa juga bila jarum pelampung sudah aus atau baret atau terganjal kotoran maka jarum tsb tidak akan dapat menutup dengan sempurna, bahan bakar tetap mengalir sehingga luber keluar.
Potensi masalah yang lain adalah kebocoran di fuel cock. Fuel cock selain berfungsi sebagai keran juga sebagai saringan bahan bakar.
Ada dua tipe fuel cock:
Standard
yaitu yang terdapat tuas untuk membuka atau menutup saluran (posisi ON, OFF dan RES) secara manual contohnya pada motor RX King dan Scorpio
Vacuum
yaitu tipe yang memanfaatkan tekanan vacuum dari lubang isap (intake manifold) sebagai tenaga pembuka mekanisme keran sehingga buka tutupnya berlangsung secara otomatis contohnya pada F1Z R, Jupiter dan Vega R. Dicirikan dengan adanya dua pipa keluaran, satu ke karburator sebagai saluran bahan bakar, satu lagi ke lubang isap (intake manifold) sebagai pipa vacuum.

Jika bahan bakar yang kita masukkan banyak mengandung kotoran, maka lama-lama akan menyebabkan gangguan kerja di fuel cock. Cobalah untuk membongkar dan membersihkan komponen ini dan bila memungkinkan sekalian menguras dan membersihkan tangki bahan bakar. Bersihkan diapraghma yang ada didalam fuel cock secara perlahan, jangan sampai rusak.
Ingat agar selalu berhati-hati ketika anda harus berkerja dekat dengan bahan bakar agar terhindar dari bahaya. Selamat mencoba!!!
(sumber: ototrens.blogspot.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar