Poin Penting Perawatan Motor Sport

motor_sportPada sepeda motor sport layaknya motor bebek atau lainnya, untuk perawatannya tidak terlalu jauh berbeda. Akan tetapi terdapat beberapa perbedaan pada beberapa komponen yang perlu Anda perhatikan.
Pertama adalah semua model sepeda motor sport selalu menggunakan kopling manual, atau dengan kata lain bukan otomatis. Untuk dapat melaju lancar, pada saat start pengendara harus menyeimbangkan antara tarikan gas dan bukaan tuas kopling. Bila tidak seimbang maka mesin dapat mati.
Nah, untuk penggunaan kopling saat berkendara perlu diperhatikan, jangan terbiasa meletakkan jari pada tuas kopling, karena dapat menyebabkan tuas kopling tertarik sehingga kopling akan bekerja. Hal ini sering disebut dengan istilah Setengah Kopling, yang akan menyebabkan kampas kopling akan cepat aus.
Salah satu komponen pada kopling adalah kabel kopling. Di sini yang perlu diperhatikan pada kabel kopling, yakni pada saat mencuci motor jangan disemprot menggunakan tekanan tinggi, karena air akan masuk dalam selongsong kabel kopling yang nantinya dapat menyebabkan karat pada kabel. Karat tersebut akan menyebabkan gerakan kopling tidak mulus.
Berikutnya yang perlu diperhatikan pada sepeda motor sport, adalah tangki bahan bakar. Karena melihat konstruksi yang berbeda dengan model bebek atau matic. Tangki motor sport mempunyai cekungan, sehingga memungkinkan terjadi penumpukan deposit kotoran di dalamnya. Terutama apabila BBM yang digunakan tidak bersih. Oleh karena itu disarankan untuk selalu memeriksakan kondisi tangki ke AHASS, apabila kondisi sudah kotor maka disarankan untuk dikuras.
Masih berkaitan dengan tangki, juga perlu diperhatikan untuk tidak memodifikasi ketinggian sepeda motor. Biasanya pada sepeda motor yang dimodifikasi, sangat tampak tangkinya agak tinggi (nungging), maka akan terjadi peristiwa masuknya air ke dalam tangki karena dengan posisi tersebut tersebut jalur air jadi terganggu.
Dari beberapa hal tadi, Anda pemilik sepeda motor sport, ada baiknya mulai menerapkannya demi kenyamanan berkendara Anda sendiri.
(sumber: mpm-motor.co.id)

1 komentar: