Kegunaan Choke

Pada pagi hari, kadang kita kesulitan untuk menyalakan mesin. Pencet tombol electric starter berkali-kali masih belum berhasil. Ditambah menggunakan pedal starter yang menguras tenaga masih belum nyala juga.
Hal ini biasanya disebabkan oleh pengabutan bahan bakar yang tidak sempurna dan terlalu sedikit sehingga campuran bahan bakar menjadi terlalu miskin. Dalam kondisi ini, campuran bahan bakar sulit untuk terbakar didalam ruang bakar. Untuk mengatasinya, sepeda motor dilengkapi dengan “system choke” yang dapat diaktifkan dengan menarik tuas choke yang ada di switch handle atau di karburator. System choke secara otomatis akan meningkatkan konsentrasi bahan bakar yang masuk, sehingga campuran bahan bakar akan menjadi lebih kaya. Campuran yang lebih kaya akan lebih mudah terbakar.
Perlu diingat, bahwa jika tuas choke sudah diaktifkan, jangan membuka gas terlalu besar karena akan menyebabkan bahan bakar yang masuk terlalu banyak. Campuran yang terlalu kaya juga tidak mudah terbakar.
Jika mesin sudah menyala, biarkan beberapa menit agar mesin mencapai suhu kerja dan sistem pelumasan juga telah optimal.
dipublish kembali oleh.
(sumber: ototrens.blogspot.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar