Tips Memilih Kampas Rem Cakram

Discpad atau kampas rem cakram merupakan piranti utama sistem pengereman cakramyang memiliki fungsi paling penting, yakni sebagai pencengkeram piringan agar (disc) agar laju motor bisa dikurangi hingga berhenti dengan sempurna.
Berikut beberapa tips memilih kampas rem cakram supaya mendapatkan barang dengan kualitas utama :

  1. Stempel Plat Kampas Rem Cakram, merk bukan jaminan kualitas karena sekarang banyak produk kampas rem dengan stempel palsu. Yang penting jaminan dari bahan pembuatnya dan jangan tertipu dengan merk mahal.
  2. Penampang Alur Kampas, semakin banyak bidang gesek kampas-piringan cakram, semakin maksimal proses pengeremennya. Jadi sebaiknya pilih kampas rem cakram dengan alur seminim mungkin, lebih bagus jika tanpa memiliki alur sekalipun, jadi bisa dipastikan cengkeramannya sempurna.
  3. Tingkat Kekerasan, perhatikan sudut patahan alurnya. Jika rapi pasti keras, sebaliknya jika berserabut, pastilah rapuh dan mudah habis. Trik lain cukup dengan mengoyak permukaan kampasnya dengan media pengoyak yang keras seperti ujubg kuku. Jika terkoyak dalam, dapat dipastikan kampas tersebut empuk. Pilihan kampas yang baik adalah tidak terlalu keras dan juga tidak terlalu empuk sehingga bisa dikategorikan ke dalam kampas yang awet dan pakem.
  4. Bahan Kampas Rem Cakram, pilih kampas rem non asbes. Karena kekuatan ikatan partikelnya kuat sehingga kampas rem tergolong keras dan tidak mudah habis. Pilih juga kampas rem yang memiliki daya gesek sangat bagus terhadap piringan cakram dan tidak merusak permukaan piringan cakram. Lain halnya dengan kampas berserbuk besi warna putih, aplikasinya cepat merusak permukaan piringan cakram karena tingkat kekerasan besi yang tinggi. (sumber: 3bonansa.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar